Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online - Bisnis itu sulit, kata sebagian orang. Tapi sayang bila bisnis itu selalu dianggap sulit. Banyak orang gagal dalam bisnis karena menganggap bisnis itu sulit. Tapi orang sukses dalam bisnis tidak pernah mengatakan bisnis itu sulit. sebenarnya peluang bisnis dan sukses terbuka lebar. Hanya saja kita perlu kreatifitas dalam menggarap dan menjalankan bisnis itu. apa lagi bisnis online saat ini sangat menjanjikan kesuksesan bisnis karena pangsa pasar bisnis online yang sangat luas.

Ada banyak segmen berbisnis online, mulai dari bisnis jual beli dengan memanfaatan forum online, blog, website, sosial media, bisnis jual jasa online, bisnis iklan online, bisnis website dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis Anda asal ada kemauan.
Berikut adalah tips untuk Anda yang menekuni bisnis online yang semakin manis dan cara sukses:
  • Tentukan tujuan
Apapun bisnisnya tanpa ada tujuan akan berhenti ditengah jalan. Bisnis online hanya akan membuang waktu jika sedari awal Anda tidak menentukan apa yang akan Anda kerjakan.
  • Lakukan analisa
Sebelum memulai, lakukanlah analisa secara baik tentang bisnis yang akan menjadi fokus Anda. Cari dengan keyword yang sama dan secara acak apakah bisnis Anda sudah banyak digarap orang, lalu cari perbedaan dari model bisnis Anda.
  • Lakukan secara bertahap
Menjanjikan, tapi butuh kesabaran. Bisnis online bukan bisnis semalam suntuk lalu di pagi hari Anda mendapatkan hasilnya. Lakukan secara bertahap dan kontinyu. Mulai dari membangun kepercayaan pengunjung situs Anda, sampai melayani semua customer dengan segala sifat dan karakternya karena kondisi ini bisa menggagalkan bisnis online anda.
  • Fokus dan tetap pada tujuan
Jangan pernah menganggap bisnis sampingan, karena bisnis sampingan tidak akan menghasilkan apa-apa jika dilakukan dengan setengah hati. Fokuskan diri dan waktu Anda untuk bisnis Anda dan tetap pada tujuan semula Anda memulai bisnis.
  • Buka diri dan perluas pangsa pasar
Bisnis tanpa konsumen sama saja gagal, Begitu pula bisnis Online. Jika Anda termasuk orang yang pendiam dan kurang luwes untuk bergaul, maka sebaiknya Anda segera merubah karakter Anda tersebut dengan menjadi orang yang super supel dalam bergaul dan pandai mengambil hati customer dan memperluas jaringan bisnis anda.
  • Berdayakan sosial media untuk marketing
Berbisnis online tidak melulu dengan uang, Anda memiliki banyak kesempatan untuk memasarkan produk Anda secara gratis, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial sebagai marketing produk Anda, facebook, twitter, blog, forum-forum online, BBM. Semua tersedia jika Anda jeli memanfaatkannya.
  • Hindari sikap jenuh
Tidak dipungkiri bahwa bisnis online menemukan titik jemu. Apalagi bisnis diam di tempat Anda akan menemukan waktu dimana Anda jenuh dan bosan untuk melanjutkan bisnis Anda. Padahal Anda hanya tinggal mengembangkannya. Maka jangan pernah bosan untuk tetap konsisten pada bisnis Anda.

No comments: