Kebutuhan Dasar Emosional Anak


Kebutuhan Dasar Emosional Anak ~ Seperti apapun anak anda, ia memiliki kebutuhan emosional yang mempengaruhi sebagian besar tingkah lakunya. Misalnya, pada tingkatan yang sederhana, kebutuhan untuk merasa di sayangi membuatnya mendambakan pelukan dan rasa aman dari anda. Pada tingkatan yang lebih dalam, kebutuhan untuk merasa dihargai membuatnya memamerkan prestasinya di hadapan orang lain.

Tantangan anda adalah memahami kebutuhan emosional anak anda. Berikut ini ada beberapa kebutuhan dasar emosional anak yang harus sama-sama kita ketahui :
1. DICINTAI. Manusia adalah mahluk sosial. Kita sangat bergantung pada hubungan sosial, terutama ikatan kasih sayang antara seorang anak dengan orang tua atau pengasuhnya. Anak anda perlu dicintai dan merasa di cintai.

2. DIHARGAI. Anak anda akan berkembang dengan optimal jika tahu bahwa anda menganggapnya sebagai anak yang istimewa. Ia ingin anda bangga atas prestasinya dan juga menghargainya sebagai dirinya sendiri. Pujian dan perhatian akan membuatnya bahagia.

3. MERASA AMAN. Seorang anak akan tidak merasa aman akan menjadi anak yang tidak tenang dan selalu hawatir. Ia perlu merasa bahwa tidak ada bahaya yang menantinya sehingga ia bisa hidup dari hari ke hari tanpa harus merasa takut.

4. MENDAPATKAN STABILITAS. Anak membutuhkan struktur dan stabilitas dalam hidupnya. Rutinitas yang bisa ditebak dengan batasan dan peraturan yang keras mengenai tingkah lakunya akan memuaskan kebutuhannya.

5. MERASA KOMPETEN. Anak perlu merasa bahwa ia mampu dan bisa menghadapi tantangan sehari-hari. Keyakinan mengenai kemampuannya akan mempercepat kemajuan.

6. MENGOPTIMALKAN POTENSINYA. Bagian tak terpisahkan dari perkembangan anak adalah kebutuhan mengekspresikan bakat dan kemampuannya agar bisa mencapai potensinya secara maksimal. Kebutuhan emosional ini mendorongnya untuk mencoba hal-hal baru.

Itulah diantara kebutuhan dasar emosional anak yang patut sama-sama kita perhatikan, agar anak-anak kita bisa menjadi pribadi yang kuat ketika dewasa.

No comments: