Karakteristik, Bentuk dan Jenis-jenis Pasar

Karakteristik, Bentuk dan Jenis-jenis Pasar - Sahabat Semangat Inspirasi,  Pasar? apa sih yang dimaksud pasar itu? Bagaimana karakteristik pasar? Bentuk pasar dan jenis-jenis pasar seperti apa? Pasar bukan berarti harus hanya berupa tempat seperti pasar cengkareng, pasar Empagae, Pasar Butung di makaassar, Blok M, pusat grosir, dan pasar lainnya. Akan tetapi pasar juga dapat berupa mini market seperti indomaret, alfa midi, alfa mart, serta supermarket seperti Mall Ratu Indah, Matahari, MTC, dan sebagainya. Selain itu, semakin meningkatnya teknologi menimbulkan pula peningkatan karakteristik, bentuk dan jenis pasar. Pasar juga dapat berbentuk toko On Line atau Internet Shop. Nah Sekarang Bagaimana gambaran Anda tentang Karakteristik, bentuk, dan jenis-jenis pasar itu? apa definisi atau pengertian pasar?
krakteristik, bentuk, dan jenis-jenis pasar, pasar, pasar tradisonal, abstrak, nyata, pasar tradisional, pasar modern, jenis pasar menurut jenis barangnya, menurut keleuasaan distribusi, menurut bentuk dan strukturnya, passar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, contoh pasar, contoh-contoh pasar, pasar internasional, pasar on line, toko online, iternet marketing, karakteristik pasar, bentuk pasar, jenis pasar, definisi pasar, pengetian pasar, transaksi, jual, beli, jual-beli, proses, pembeli, penjual, tawar-menawarPasar merupakan sesuatu yang sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari- hari. Karena pasar adalah salah satu tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup, dimana proses jual-beli biasa terjadi. Namun tidak semua orang dapat dengan yakin membedakan jenis-jenis pasar. Kebanyakan orang hanya mengetahui pasar secara umum, yakni pasar tradisional dan pasar modern. Padahal bukan hanya itu saja melainkan masih banyak jenis pasar yang lainnya.
Berdasarkan dari pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa yang kemudian akan melakukan transaksi jual-beli dan jenis-jenis karakteristik pasar dibagi menjadi banyak katagori. Pasar dapat dibedakan berdasarkan bentuk  kegiatannya, cara transaksi, jenis barang, keleluasaan distribusi, bentuk dan strukturnya. 
Pasar yang dibedakan berdasarkan bentuk kegiatannya yakni, pasar abstrak dan pasar nyata. Pasar yang dibedakan berdasarkan cara transaksinya yakni, pasar tradisional dan modern. Pasar yang dibedakan berdasarkan jenis barangnya adalah pasar yang hanya menjual satu jenis barang homogen tertentu. Pasar yang dibedakan berdasarkan keleluasaan distribusinya dibagi menjadi pasar lokal, daerah, nasional dan internasional. Sedangkan pasar yang dibedakan berdasarkan bentuk dan strukturnya dapat dibadakan menjadi pasar monopoli, monopolistis, dan pasar oligopoli.
 Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
A.      Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
B.      Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi :
A.      Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
B.      Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis – Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu .: misalnya pasar hewan (hanya menjual hewan), pasar sayur (hanya menjual sayur), pasar buah (hanya menjual buah), pasar ikan (hanya menjual ikan dan hasil tangkapan laut), pasar daging (hanya menjual daging), pasar barang antic (hanya menjual barang-barang antik) serta pasar loak (hanya menjual barang bekas).
  
    Jenis - Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
 Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal      : cangkupan distribusinya hanya setempat saja/satu wilayah tertentu.
  • Pasar Daerah : cangkupan distribusinya lebih luas dari pasar lokal namun tetap dalam satu daerah.
  • Pasar Nasional : cangkupan distribusinya dalam Negara saja, tidak mengimpor atau ekspor barang dagangan.
  • Pasar Internasional :  cangkupan distribusinya luas dan mendunia, dapat mengimpor dan mengekspor barang.
Jenis - Jenis Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya.
Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.
  
 Pasar Persaingan Sempurna
     Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana
     terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui
     keadaan pasar. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini.
1) Banyak penjual dan pembeli.
2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
4) Harga ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada campur tangan pemerintah. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar hasil-hasil pertanian.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai karakteristik, bentuk dan jenis-jenis pasar. Tentunya sekarang sahabat semangat inspirasi dapat mengerti bukan tentang bentuk pasar, karakteristik pasar, jenis-jenis pasar, dan pengertian atau definisi pasar. Semoga tulisan karakteristik, bentuk, dan jenis-jenis pasar ini dapat bermanfaat. Let's Shopping...

No comments: