Pengertian Produk Bersama Pada akuntansi Biaya

Pengertian Produk Bersama Akuntansi biaya - Apa sahabat mengerti apa pengertian produk bersama dan produk sampingan dalam perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan pada akuntansi biaya? Jika belum mari kita bahas pengertian produk bersama dan pengertian biaya bersama.

Pengertian produk bersama adalah beberapa produk yang dihasilkan dalam beberapa rangkaian atau seri produk secara bersama atau serempak dengan menggunakan bahan, tenaga kerja, dan biaya overhead secara bersama. Biaya tersebut tidak dapat ditelusuri atau dipisahkan pada setiap produk dan setiap produk memiliki nilai jual atau kuantitas yang relatif sama.

Contoh produk bersama:
Produksi susus segar yang dapat menghasilkan krim dan skim cair, selanjutnya krim dapat diolah lebih lanjut menjadi krim mentega dan skim cair kemudian diolah lagi menjadi susu.

Sedangkan biaya bersama dapat diartikan sebagai biaya overhead bersama ( Joint overhead cost) yang harus dialokasikan ke berbagai departemen, baik dalam perusahaan yang kegiatan produksinya berdasarkan pesanan maupun yang kegiatan produksinya dilakukaka secara massa.

No comments: