Sistem pendidikan Kurikulum 2013 & UN (Ujian Nasional)



Ujian Akhir Nasional dan kurikulum 2013 masih menjadi masalah dalam sistem pendidkan Indonesia. Ujian Nasional (UN) harusnya jadi kunci soal masalah pendidikan Indonesia. Tapi apa yang terjadi dengan sistem pendidikan Indonesia saat ini? apakah Ujian Nasional hanya menjadi proyek kementerian pendidikan? ataukah kurikulum 2013 hanya sistem pendidikan coba-coba?
“Perhatian untuk semuanya, kalian boleh bekerjasama dengan catatan setiap peserta ujian nasional diharapkan untuk menjaga ketertiban dan tidak menimbulkan suara yang berisik sampai keluar, cukup di dalam kelas ini saja. Lha kan ini ujian bu? “
            Illustrasi di atas merupakan fakta dari hasil diskusi secara langsung dengan beberapa orang siswa siswi salah satu sekolah di Indonesia yang bercerita tentang pengalaman mereka saat menghadapi ujian akhir  nasional. Fenomena di atas di atas bisa jadi tidak hanya terjadi di salah satu sekolah di Indonesia, mungkin kalau ditelusuri dengan teliti atau bahkan mengoreksi informasi dari siswa secara langsung yang sedang menghadapi ujian, bisa jadi didapatkan fakta yang sama dengan hal yang di atas. Senada dengan hal ini mengingatkan penulis pada sebuah statement bijak yang mengatakan bahwasanya “tidak ada murid yang nakal, yang tidak bijak itu adalah guru dalam mengajari murid”. Ini berarti bahwa palanggaran itu ternyata dilegalkan secara langsung oleh guru yang mengawas, walaupun memang benar adanya pengawas yang bersangkutan bukan guru mengajar si murid yang sedang mengikuti ujian, tapi toh guru tetap saja guru adalah   yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan guru berperan untuk mencerdaskan anak bangsa.
            Niat pemerintah yang pada dasarnya ingin melahirkan generasi muda yang cerdas dan memiliki kompetensi ternyata tidak didukung oleh mentalitas beberapa pengawas (guru) yang fair dalam mengawas ujian. Jika hal ini seperti ini terus terjadi bagaimana bisa melahirkan generasi muda yang cerdas dan memiliki kompetensi itu lahir secara sempurna? Yang ada akan menciptakan budaya bagi anak bangsa ini untuk tidak percaya diri dan menjadi pemalas bahkan selalu bergantung kepada yang lain. Padahal merekalah para pemuda yang akan menjadi generasi penerus di masa depan. Namun sebelum berbicara tentang hal generasi lanjutan apakah mentalitas mentalitas guru yang seperti itu akan tetap bisa melahirkan generasi yang sesuai dengan karakter bangsa. Sudah tentu bangsa Indonesia menginginkan karakter generasinya baik, karena karakter suatu bangsa itu dicerminkan oleh karakter seperti apa yang ada pada seorang pendidiknya.
            Apa yang menjadi harapan penulis untuk bangsa ini adalah selain sesuai dengan niat pemerintah, juga berharap agar kualitas kualitas didik serta pendidikan Indonesia bisa sejajar bahkan lebih baik dari kualitas pendidikan negara negara maju, dimana mereka mendidik cikal bangsanya untuk mampu belajar kompetisi sejak dini dengan skala yang diakui dunia.  

No comments: