Pikiran Orang Sukses

Pikirana orang Sukses - Sahabat semangat Inspirasi - Setiap orang pasti ingin memiliki masa depan yang lebih cerah. Ingin lebih kaya, lebih pintar, lebih bahagia, lebih sejahtera, lebih saleh/salehah dan lainnya. Namun keinginan tersebut belum tentu dapat terwujud. Bisa jadi hanya menjadi keinginan belaka. Bagaimana agar keinginan tersebut dapat terwujud? Menurut Jamil Azzaini, kuncinya ada 3 huruf yaitu HIT, singkatan dari H : Hancurkan penghalang; I : Impianmu tuliskan; T : Tingkatkan valensimu. Tulisan ini hanya mengkaji tentang bagian pertama.
Penghalang yaitu segala sesuatu yang dapat menghambat kemajuan. Penghalang ini yang berwujud fisik dan dapat terlihat. Tapi ada juga yang non fisik, tidak terlihat. Jika penghalangnya terlihat maka mudah untuk menghindar. Yang sulit dihindari adalah penghalang yang tidak terlihat. Penghalang ini bersembunyi di dalam diri kita masing-masing. Di dalam pikiran Anda yang membentuk mindset pecundang. Gede Prama mengatakan :
  • Ketakutan, keraguan, kekhawatiran semuanya ada di dalam. Ia diciptakan sendiri oleh manusia. Ibarat gembok pintu, manusia yang pasang, manusia juga yang tergembok di sana.
    Sebagian dari gembok-gembok itu adalah : tidak mungkin, tidak bisa, belum pengalaman, tidak yakin, terlalu tua, terlalu muda, masa krisis, pendidikan tidak cukup. 
  • Awalnya gembok-gembok tadi hanya “judul” dari serangkaian pengalaman. Namun kemudian berubah fungsi menjadi pagar-pagar yang membatasi perjalanan. Karena dibiarkan mengendap lama, berubah menjadi kebiasaan, membentuk keyakinan dan pada akhirnya menjadi gembok.
  • Tidak mungkin, tidak bisa, terlalu tua dan seterusnya bukankah hanya pagar-pagar dan gembok-gembok yang dibuat pikiran? Pengetahuan dan pengalaman itu netral, tetapi pikiranlah yang membuatnya menjadi gembok-gembok penghalang.
  • Yang mengganggu bukan kejadian, melainkan opini seseorang terhadap kejadian. Kejadian tidak memberikan dampak apa-apa. Namun pikiran yang kemudian mengkerangkakan dan pada akhirnya menimbulkan dampak pada manusia. 
Bagaimana membuka gembok tersebut? Jika dia menutup karena pikiran maka dibukanya pun juga dengan pikiran sebagaimana puisi dari Toto Tasmara berikut :
Sukses dimulai dengan keinginan
Untuk sukses anda harus berfikir tinggi untuk meraih kesuksesan
Anda harus yakin pada diri sendiri 
Perjuangan dalam hidup ini tidak selamanya dimenangkan
Oleh mereka yang kuat dan cepat
Tetapi cepat atau lambat, orang yang menang itu
Adalah mereka yang berfikir dan berkata : Ya aku bisa!

Baca Juga :

No comments: