Perbedaan Akuntansi Manajemen dan keuangan

 
Perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi keuangan - Sahabat Semangat Inspirasi, Beberapa hari yang lalu ada salah seorang sahabat inspirator yang menanyakan terkait perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan. Saya ingin memberikan pemahaman kepada Anda mengenai perbedaan antara Akuntasi Keuangan (Financial Accounting) dengan Akuntansi Manajemen (Management Accounting). Akuntansi Keuangan terdiri dari: Pemakai (internal dan eksternal). Laporan keuangan, Secara periodik (tahunan/bulanan), Diatur / dibatasi oleh standard akuntansi keuangan, Ekonomi, Laporan masa lalu (harga dasar adalah Cost), Akuntansi manajemen: (Pemakainya) Intern, Laporan khusus, Laporan harian, Tidak dibatasi oleh standard akuntansi keuangan, Ekonomi dan psikologi, Laporan untuk kebutuhan masa yang akan datang seperti ROI, dan 4 kebutuhan lainnya yang harus bisa kita tentukan / analisa seperti: - Pusat Biaya (Cost Center). - Pusat Laba (Profit Center). - Pusat investasi (Investment Center) seperti manajemen proyek / pengembangan dan bisnis,[BR] Pusat Pendapatan (pemasaran dan penjualan). 
 
Nah sudah jelas kan perbedaan antara Akuntansi Keuangan  (Financial Accounting) dengan Akuntansi Manajemen (Management Accounting). Tentu sahabat semangat inspirasi telah mengerti lebih jelas bukan? inti perbedaan dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah akuntansi keuangan sifatnya berupa laporan keuangan yang digunakan untuk mengetahui sejuah mana keuntungan/laba atau kerugian/rugi yang diemban perusahaan atau unit bisnis/usaha dalam satu priode akuntansi sedangkan akuntansi manajemen lebih menekankan pada sistem informasi keuangan yang bertujuan untuk mengetaui sejauh mana dampak/prospek/frofit perusahaan atau unit bisnis/usaha untuk berkembang atau mendapat keuntungan atau akankah menderita kerugian?
 
Itulah tadi ringkasan perbedaan   antara akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen. Semoga sahabat inspirasi lebih mengerti dan semoga bermanfaat.

No comments: