Manajemen kepercayaan bisnis - Apa kabar nich para sahabat semangat inspirasi? Kangen
rasanya lama tidak pernah melakukan posting blog. Rasanya ada yang kurang ketika kurang sering
berbagi informasi dengan sahabat semangat inspiasi. Sahabat inspirator, kali ini saya akan
sedikit mengulas tentang manajemen kepercayaan bisnis. Tentu sahabat telah banyak
tau mengenai manjemen, terlebih lagi mengnai kepercayaan dan bisnis. Tapi kali
ini saya akan memberikan sedikit cerita terkait inspirasi dalam manajemen kepercayaan
bisnis.
Manajemen
adalah salah satu ilmu sosial
yang mempelajari mengenai pengeturan dalam organisasi guna mencapai tujuan
organisasi. Sedangkan dalam manajemen dalam ekonomi adalah strategi pemegang
fungsi manajemen dalam hal ini manajer untuk meramu dan meracik bisnis guna
mencapai keuntungan secara maksimal dengan
memanfaatkan sumber daya terbatas seminimal mungkin. Lantas bagaimana dengan manajemen kepercayaan
bisnis?
Sahabat semangat inspirasi tentu mengerti lebih jauh akan pentingnya kepercayaan dalam
suatu bisnis. Kepercayaan merupakan poin penting dalam mengelola bisnis agar
bisa sukses. Saking pentingnya
kepercayaan dalam bisnis, seorang pelaku bisnis ternama dari Iran pernah
mengatakan bahwa lebih baik aku
kehilangan 500 juta barel minyakku dari pada aku kehilangan satu kepercayaan
dari rekan bisnis. Itulah satu bukti bahwa kepercayaan dalam bisnis sangatlah
penting. Olehnya itu, saya akan menguan sedikit mengenai teori manajemen
kepercayaan bisnis.
Manajemen kepercayaan bisnis adalah kemampuan individu
dalam mengelola dan menarik simpati orang lain untuk pemanfaatan kepentingan
bisnis guna mencapai keuntungan secara
maksimal. Majemen kepercayaan bisnis ini tidak mampu diterakan dan dimiliki
oleh seluruh manajer pada umumya. Fungsi manajemen ini lebih banyak
dimanfaatkan oleh para pelaku manajemen pemasaran. Olehnya itu pada umumnya
perusahaan secara tidak langsung memanfaatkan tenaga pemasaran untuk melakukan
dan melaksnakan fungsimanajemen kepercayaan bisnis perusahaan.
Namun dalam konteks skala ekonomi mikro atau
para pelaku ekonomi menengah kebawah lebih banyak menerapakan pola manajemen
kepercayaan bisnis secara ril. Hal itu terbukti dari kemampuan para pelaku
ekonomi bisnis kelas menengah lebih banyak mengandalkan modal kepercayaan
dibandinkan dengan modal uang dan barang dalam memproduksi barang dan jasa.
Tentunya, hal ini akan menhemat biaya produksi dengan memanfaatkan kerja sama
dari berbagia pihak lain. Mukin hanya itu yang sempat saya bahas ada postingan
blog manajemen kepercayaan bisnis kali ini. Insya Allah dalam postingan
selanjutnya saya akan membahas lebih detil terkait teori kepercayaan bisnis ini
dan bagaimana hubungannya dengan manajemen pemasaran dan manajemen Infrmasi.
Semoga bermanfaat.
1 comment:
Terimakasih atas infonya semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungan balik dan follow my blog.
Post a Comment