Manusia
kebanyakan, termasuk saya, biasanya sulit untuk bisa menghargai dan
memanfaatkan waktu yang kita miliki di dunia ini, baik secara sadar maupun
tidak sadar.
Di dalam
kitab suci Al-Qur’an kita pun sudah diingatkan tentang hal tersebut dalam surat
The Declining Day, yang bahasa Arabnya Al-Ashr atau terjemahannya
Masa / Waktu.
Berkaitan
dengan waktu, lalu apa hubungan antara waktu, kecepatan, dan uang?
Dalam Business
Sessions dari TDW Mastery yang baru saya download beberapa hari lalu, Tung
Desem Waringin mencontohkan Robert Kiyosaki yang bertanya pada para audience
seminarnya yaitu nasabah sebuah bank di Jepang - pilih mana, uang $100,000 atau
$10,000?
Jawabannya
apa?
Jika
dibanding punya uang $100,000 tapi didapat dari simpanan di bank yang butuh
waktu 50 tahun karena bunga kecil dan inflasi, ya lebih baik punya $10,000 tapi
dihasilkannya per menit.
Jadi bukan berapa banyak, tapi berapa cepat.
Prinsip ini
juga sebenarnya sama dengan apa yang dikatakan oleh Joe Vitale:
“Money likes
speed. That's the secret few know about money.”
Uang
menyukai kecepatan. Itulah rahasia tentang uang yang hanya diketahui sedikit
orang.
Namun di sini Joe lebih menekankan pada penerapan action atau tindakan setelah sebuah ide muncul. Misalnya, dikisahkan dalam buku Ready, Fire, Aim oleh Michael Masterson bahwa Joe punya ide untuk mendapatkan uang dengan memanfaatkan nama tenar Elvis Presley yang legendaris dan punya banyak penggemar.
Ia pun
segera bertindak dan meminta Nerissa, rekan wanitanya, untuk membuat gambar
ikan duyung Elvis dengan photoshop dan menjualnya dalam bentuk foto di
eBay.
Setelah foto tersebut terjual pada sebuah stasiun radio dan ia mendapat publisitas gratis (karena ia mencantumkan situsnya yang lain di eBay dan ia diundang di acara radio tersebut), Joe mengatakan bahwa kemudian ia baru tahu kalau sebenarnya ia tak boleh menggunakan nama orang terkenal seperti Elvis untuk keperluan komersial.
Tapi
seandainya ia menunda dan tidak memanfaatkan waktu dengan bertindak cepat, maka
ia akan tahu hal ini dan tak akan ada publisitas untuknya.
No comments:
Post a Comment