Buah dari Sebuah Respon

Kata Zig Ziglar, respon cenderung positif sedangkan reaksi cenderung negatif. Seperti halnya obat, tubuh akan dikatakan merespon jika mengalami perubahan positif dan dikatakan bereaksi jika menimbulkan dampak negatif karena obat tersebut.

Neil Parischa adalah sebuah contoh yang menurut saya sesuai akan respon vs reaksi ini.

Ketika ia ditinggal oleh istrinya dan ditambah lagi dengan teman baiknya yang bunuh diri serta maraknya berita-berita negatif di televisi, respon yang ditunjukannya benar-benar kreatif.

Daripada bereaksi terhadap hal-hal menyedihkan yang menimpanya, ia memutuskan untuk merespon dengan membuat blog bernama 1000 Awesome Things yang berisi hal-hal sederhana yang sering kali orang abaikan, padahal sebenarnya patut disyukuri.

Hal-hal keren yang ia maksud misalnya seperti suara telur yang baru digoreng di atas wajan, bisa membuka tutup botol ketika yang lain tidak bisa, atau ketika supir bus menurunkan Anda di dekat rumah.

Hasilnya, blognya meraih penghargaan Webby Award dan bukunya The Book of Awesome sempat menjadi buku terlaris secara internasional selama 30 minggu berturut-turut.

“Respond intelligently even to unintelligent treatment.” - Lao Tzu

No comments: