Membangun Kepercayaan dalam Bisnis - Sebelum membeli dari Anda, pembeli harus
percaya bahwa produk dan jasa Anda akan memenuhi fungsinya. Apakah
marketing Anda membantu membangun kepercayaan yang dibutuhkan untuk
meyakinkan prospek agar membeli dari Anda? Jika Anda berupaya keras
untuk menarik klien dan pelanggan, gunakan taktik berikut untuk merubah
prospek menjadi klien.
1. Mendapatkan Testimoni
Terlepas dari seberapa besar
kredibilitas Anda atau banyaknya pengalaman yang Anda miliki, orang akan
lebih memperhatikan apa yang dikatakan orang lain mengenai Anda.
Angkat telepon dan hubungi pelanggan
Anda untuk menanyakan pendapat mereka terhadap produk atau jasa Anda,
apa yang mereka sukai dan bagaimana bisa membantu mereka. Edit komentar
mereka, mintalah ijin untuk menggunakan komentar mereka dan tampilkan
testimoni ini dalam materi marketing Anda.
2. Memberi sesuatu
Saat Anda memberi sesuatu pada orang
lain, terlepas dari masalah harga, mereka akan percaya pada Anda dan
sebagai gantinya mereka akan membeli sesuatu dari Anda. Gunakan ebook,
artikel, workshop atau demo gratis untuk membangun kepercayaan.
3. Mendapatkan referal
Ketika Anda membutuhkan dokter baru,
pengacara, tukang ledeng, tukang kayu, atau tempat makan, Anda bertanya
pada teman untuk mendapatkan referal. Anda percaya rekomendasi yang
diberikan oleh orang yang Anda kenal, dan kenyataannya, dengan cara
demikianlah kebanyakan orang mendapatkan pekerjaan. Jangan
menunggu referal datang secara tiba-tiba, terapkan sistem proaktif untuk
mendapatkan referal.
4. Saling mendukung
Membangun usaha yang Anda percayai serta
menyasar pasar Anda. Libatkan mereka untuk mendukung produk dan jasa
Anda didalam pemasaran mereka dan lakukan hal yang sama untuk
mereka. Jika referal personal adalah ideal, dukungan adalah penutup
kedua. Taktik ini bisa melipatgandakan pencapaian marketing tanpa biaya.
5. Memberi contoh/sample
Memberikan informasi daripada membuat
klaim dramatis tentang apa yang bisa dilakukan produk Anda. Gunakan
studi kasus untuk menginformasikan apa yang telah Anda lakukan, untuk
siapa dan perbedaan yang diciptakan dalam kehidupan atau usaha mereka.
6. Personalisasi marketing Anda
Orang berbisnis dengan orang lain. Anda
harus membantu prospek mengenal dan mempercayai Anda. Biarkan hasrat dan
kepribadian Anda masuk dalam pemasaran dan profesionalisme
Anda. Masukkan foto diri yang tersenyum, ditempat yang meyakinkan untuk
dipasang di halaman pertama materi marketing Anda.
7. Mengurangi resiko yang diterima
Perhatian terbesar pembeli adalah
seberapa baik kinerja produk atau jasa Anda. Memberikan garansi mungkin
membantu tapi dalam banyak kasus ini tidak akan menciptakan penjualan.
Perjelas nilai yang bisa Anda berikan dan nyatakan komitmen Anda untuk
tidak hanya melihat senang, tapi juga puas dengan produk dan jasa Anda.
8. Mempermudah kontak
Jika Anda ingin klien bisa berhubungan
dengan Anda, tunjukkan caranya. Cantumkan nomer telepon Anda di bagian
atas materi marketing dan informasikan pada mereka untuk menghubungi
Anda. Ketika Anda menghubungi mereka, berikan nomor telepon Anda sekali
lagi di akhir pembicaraan dan sampaikan untuk menghubungi Anda. Jika
Anda memiliki web site, cantumkan form kontak di bagian atas home page
Anda .
9. Menjalin komunikasi
Orang yang Anda temui dan ajak bicara
secara rutin biasanya adalah orang-orang yang paling Anda
percayai.Komunikasi bukanlah satu-satunya bahan dalam mengembangkan
kepercayaan, tapi ini merupakan hal yang sangatpenting. Jika Anda
menjual jasa atau produk high end, telepon pribadi adalah salah satu
cara terbaik untuk menjawab pertanyaan prospek, dan membangun
kepercayaan. Hubungi prospek atau klien secara rutin dan dapatkan
feedback apa yang menjadi perhatian mereka.
Gunakan sepuluh taktik marketing ini
untuk membangun kepercayaan dan Anda akan menemukan lebih banyak prospek
membeli produk dan jasa Anda.
10. Gunakan Artikel dari pada Iklan
Kami mulai tidak mempercayai iklan dan
mulai meyakini apa yang kami baca di artikel yang diterbitkan.
Investasikan waktu Anda untuk menulis artikel yang menjadikan Anda
seorang ahli. Jika Anda membuat iklan, masukkan testimoni kedalamnya.